Sunday 24 July 2016

Belajar Bahasa Inggris dari NOL

Hai Teman.! Tulisan pertama saya ini akan membagikan mengenai bagaimana agar cepat menguasai bahasa inggris. Ya, ini merupakan keyword yang sering saya cari sebelumnya. Saya disini bukan master of english, TOEFL saya terakhir hanya mencapai 500, tetapi disini saya hanya ingin share mengenai cerita pribadi saya, bagaimana belajar bahasa inggris dari benar-benar 0 sampai agak bisa, ya macam sekarang ini. Langsung aja ya ini langkah-langkah dasarnya (khusus buat kamu yang benar nol)


Belajar Spelling
What is spelling? The spelling is mengeja abjad. Bagi kalian yang benar-benar kosong bahasa inggrisnya nih, saya saranin untuk belajar menghafal spelling abjad dulu. Why? ya karena biasanya didalam sebuah kalimat biasanya kita itu ketemu dengan adanya singkatan misalkan SMA kalo di ejakan dalam bahasa inggris adalah "es-em-ei". Coba ya mulai dihafal,.

Belajar Basic Angka
Dalam setiap percakapan seringkali kita mengucapkan angka. Nah dalam bahasa inggris ini ada beberapa teori yang membahaskan tentang angka. Misalkan dalam satuan  yang dibagi kedalam nominal "one-two-three-four", dan ordinal "first-second-third". Selain itu teman-teman juga harus menguasai bilangan ratusan-hingga miliaran. Nah jangan lupa juga pengucapan tahun juga harus dipelajari.. Semangat..

Menghafal General Vocabulary and Pronounciation 
Nih, Penting pake banget. Kosa kata umum coba mulai dihafal seperti perkakas-perkakas rumah, kegiatan sehari-hari, jabatan dan lain sebagainya yang bersifat umum. Belajar bahasa inggris, memang harus menghafal bukan hanya membaca, dan jangan lupa dibarengi dengan pengucapan atau pronounciation yang benar. Kalo memang sulit menghafal kamu bisa menulis kata itu kedalam benda yang ditunjuk, dan dibawahnya dapat ditulis pengucapan. Ngomongin soal pengucapan, dalam bahasa inggris ada 2 tipe, yaitu gaya America dan British (biasa disebut negara inggris). Nah secara umum si pakai America. Kamu bisa beli kamus Longman misalnya untuk America style dan Oxford untuk British style. Namun sebelum kamu beli, kamu harus belajar pengucapan vowel dan dipthong. What is that? Apaan tuh? Coba cari aja di google untuk definisinya, dan kalau mau belajar gratis. Cari aja di youtube biar bisa langsung praktik. Sip

Menghafal Phrasa
Nah, jika kalian sudah menguasai ketiga step diatas. Coba mulai pagi hari (waktu yang nyaman menurutmu) mulai belajar menghafal phrasa. Phrasa merupakan gabungan kata yang mempunyai makna, biasanya sih ada sangkut pautnya dengan idiom misalkan "your smell like a pig" (kamu bau sekali). Nah phrasa ini sangat membantumu dalam kamu berbicara bahasa inggris secara spontan. Kesalahan yang sering kali orang lakukan seperti saya ini adalah menghafal word by word (kata demi kata). Nah ketika kita akan mengucapkan biasanya kita bingung merangkainya itu gimana. Jujur saja saya juga masih dalam tahapan ini. hehehe. Untuk bisa belajar ini, coba kamu beli buku mengenai "daily talk" atau yang berhubungan dengan pengucapan kalimat sehari-hari. Coba cari di gra**dia atau toko buku lainnya, pasti ada.
 
Belajar Grammar
Kalau kata guru pembimbing bahasa inggris yang jauh di kediri sana di kampung inggris/Pare. Belajar grammar atau struktur kata dalam bahasa inggris itu emang terakhiran. Mengapa? karena kita belum banyak mengetahui vocabulary atau kosakata. Tetapi sistem pendidikan kita, mulai SMP-SMA grammar become the basic couse english (grammar  menjadi makanan sehari-hari dalam bahasa inggris, seakan-akan menjadi dasarnya bahasa inggris). Alhasil? Nihil.. Banyak yang tidak menguasai bahasa inggris, palingan kalo satu kelas dulu, banyak-banyaknya ya 4 orang - 6 orang..hehehe. Saya saranin jika kamu udah terlanjur dijejali sama guru dengan grammar. Cepat-cepat deh kuasai 3 langkah diatas. Dijamin Nyosss. Langsung hafal 16 Tenses dan structur lainnya. Karena udah faham nih structure mau ditaruh dimana.

Belajar Describing
Nah setelah 4 itu berjalan dan menguasai. Coba mulai belajar describe about thing, mendeskripkan sesuatu yang ada disekitar kamu dalam bahasa inggris, misalkan " This is a pen. The color is blue. I just bought from store that near from here. The price is two thousand". Describing ini untuk melatih spontanitas didalam berbahasa inggrismu. Metodenya kamu buat kalimat describing kemudian hafal, setelah hafal kamu ucapkan, terus begitu dengan benda yang berbeda. Keuntungan disini selain kamu bisa cepat menguasai berbicara bahasa inggris kamu juga berani nantinya dalam mempresentasikan sesuatu, misalkan dalam tugas sekolah atau kuliah. Kan keren kamu bisa presentasi dalam bahasa inggris. hehe

Belajar Conversation
Conversation atau Mengobrol, juga dapat melatih keberanianmu dalam berbicara bahasa inggris. Cobalah cari temanmu yang juga sedang belajar ataupun yang jago, untuk diajak berbicara dalam bahasa inggris. Jika ada kosakata yang salah cobalah  minta teman lawan bicaramu untuk dikoreksi.


Mungkin itulah tips & trick menguasai bahasa inggris secara cepat, yang pernah saya coba. I just told what I have done. Saya menjelaskan itu setelah saya melakukan, dan terbukti agak mendingan pada diri saya. Belajar bahasa inggris tidak secepat yang dibayangkan, itu tergantung kembali pada kalian sendiri. So keep your spirit !!! Wait the next post, Thank a lot... 

No comments:

Post a Comment